Terbaru di Wikimu.com :

Wednesday, October 25, 2006

Melebarkan Jaringan

Masih soal melebarkan jaringan relasi yang kita miliki. Sekarang ini, asal kita mau saja, kesempatan untuk melebarkan jaringan kita menjadi sangat mudah. Apalagi kalau bukan internet yang memungkinkannya. Mulai dari yang paling sederhana, bergabung di milis dengan fokus dan minat suatu hal tertentu, mengunjungi dan memberikan tanggapan atas blog orang – orang yang rajin nulis blog, hingga memiliki dan mengelola blog sendiri. Semuanya memungkinkan kita untuk melebarkan jaringan di mana kita menjadi bagian di dalamnya.

Yang luar biasa dari internet saat ini adalah, segala hal yang kita ingin lakukan bisa kita lakukan dengan mudah. Tidak masalah apakah kita adalah orang yang hanya suka mengamati dan menikmati berbagai kemeriahan dan kegaduhan sekeliling kita, hanya suka ngomentarin. Atau mungkin kita adalah orang yang suka opini dan pemikirannya diperhatikan, atau kita memiliki obsesi untuk mengubah dunia. Atau sekedar menunjukkan talenta dan selera yang kita miliki. Tidak masalah, semuanya terfasilitasi. Asal kita mau, saja.

Inilah yang kemudian menjadi basis dari sebuah komunitas online (saya tidak suka menyebut komunitas maya, karena komunitasnya sendiri adalah nyata, hanya medianya saja yang maya). Interaksi antar manusia lintas batas geografis, lintas demografis, telah membentuk jaringan super raksasa di dunia. Yang membedakan dengan generasi komunitas online sebelumnya adalah, kini orang – orang yang tergabung menjadi simpul - simpul di dalam jaringan ini adalah pelaku utama dari interaksi yang tercipta. Sebelumnya, sebagai pengguna internet, kita lebih sebagai target atau obyek untuk mengkonsumsi berbagai informasi, produk dan jasa yang ditawarkan. Artinya, pelaku utama adalah mereka yang memiliki informasi, produk dan jasa tersebut saja. Mereka yang menciptakan trend, mereka yang menciptakan demand dan secara tidak kita sadari, merekalah yang membentuk “gaya hidup” online.

Sekarang, situasi sudah berubah. Pelaku utama kehidupan online adalah kita semua yang terhubung dengan teknologi internet ini. Jadi, tunggu apa lagi, ayo ikut mengubah dunia. Mulai dengan dunia online, untuk kemudian mengubah dunia yang sesungguhnya, yang kita diami.