Terbaru di Wikimu.com :

Monday, October 16, 2006

Enterprise Going Web 2.0!

"MySpace-style virtual communities are coming to the enterprise" (Alfred Chuang - BEA Systems, founder, chairman and CEO)

Dari hari ke hari, keyakinan bahwa fenomena Web2.0 akan memasuki era kematangan, yang ditandai dengan pemanfaatannya pada enterprise application semakin berhembus kencang.

Kali ini datang dari jagoan middleware BEA Systems. Sedang terjadi pembicaraan serius antara BEA Systems dengan Google, untuk menjalin partnership di antara mereka berdua. Inisiatif yang sedang digagas ini memungkinkan perusahaan atau organisasi membuat mashup yang mengintegrasikan enterprise portal yang dibangun menggunakan WebLogic dengan aplikasi – aplikasi Google yang ada, semisal Google Maps. Hal yang menjadi mungkin karena Google akan membuka beberapa API (Application Programming Interface) nya yang selama ini ditutup (hidden) kepada BEA.

Kebalikannya, akan dimungkinkan juga, beberapa aplikasi yang dimanage dan dijalankan di atas server BEA WebLogic Portal untuk diekspose ke luar portal framework dan kemudian diintegrasikan dengan Web2.0 front end application.

Bahkan konon kabarnya, BEA pun sedang mengadakan pembicaraan dengan Yahoo untuk kerjasama serupa. Ini benar – benar berita menarik buat saya. Setelah inisiatif salesforce.com dengan appexchange nya, apa yang digagas oleh BEA Systems ini bisa jadi milestone berikutnya dalam hal enterprise go Web2.0

Mari kita sambut dengan penuh antusias era baru membangun aplikasi enterprise!

0 Comments:

Post a Comment

<< Home