Terbaru di Wikimu.com :

Tuesday, October 17, 2006

AJAX Dan Program Komputer Yang Bernama Internet Browser

Tahun 1997, saya pertama kali berkenalan dengan teknologi server side scripting dari Microsoft (ASP). Ketika itu terbayang suatu saat kelak, di atas software kecil yang bernama internet browser ini, kita dapat menjalankan aplikasi apa saja seperti kita menjalankan aplikasi yang dijalankan di atas desktop.

Dan sekarang, kira - kira 10 tahun kemudian, kita menyaksikan betapa internet browser ini menjadi "must have" program yang, at least, wajib ada dalam sebuah komputer, bahkan dalam sebuah thin client computer sekalipun.

Bukan sekedar untuk browsing internet dan melihat content yang disajikan secara satu arah. Tapi sekarang, internet browser digunakan untuk menjalankan aplikasi - aplikasi yang dibangun terdedikasi untuk dijalankan di atasnya.

Tak heran kemudian, client side scripting terus mengalami perkembangan yang sangat pesat. Diwakili oleh JavaScript sebagai bahasa pemrogramannya yang paling populer, tujuan dikembangkannya teknologi ini tak lain tak bukan untuk memberikan user experience yang tak kalah menariknya seperti ketika user menjalankan program aplikasi desktop.

Teknologi AJAX (Asynchronous JavaScript And XML) yang saat ini ramai dibicarakan dan diimplementasikan, adalah contoh dari perkembangan mutakhir apa yang bisa dihasilkan dari pemrograman client side. Teknologi ini dikembangkan memang untuk memanjakan pengguna aplikasi berbasis web :

Mendapatkan richness dan interactivity user experience dari aplikasi web, seperti layaknya berkomputer dengan desktop. Dan, meminimalkan keterhubungan yang intensif dan terus menerus dengan web server sebagai penyaji data dan content dari aplikasi tersebut.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home